Mahasiswa mumpuni bukan sekedar cakap secara akademik, namun harus dilengkapi skill, sosial dan aspek moral. Agent off change yang diembannya harus tetap seimbang diantara kapasitas intelektual dan organisasinya dimana dia dapat mengembangkan diri.

Sehingga pengetahuan yang bersumber dari alam melalui proses penginderaan tersusun sistematis menjadi ilmu harus teraplikasikan dan memberi manfaat bagi universitas kehidupan yang sebenarnya, maka itulah sejatinya tujuan dari pendidikan vokasi.

Begitu pun Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo senantiasa memberi ruang dan kebebasan mimbar eksplorasi bagi mahasiswa-mahasiswi terbaiknya. Salah satunya dengan mengikuti ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 (Mawapres 2020).

Seleksi Mawapres tingkat Poltekkes Kemenkes Gorontalo dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2020 di Auditorium Direktorat Poltekkes Kemenkes Gorontalo Jl. Taman Pendidikan No.36 Kota Gorontalo dan yang ditetapkan sebagai finalis yang akan mewakili Poltekkes Kemenkes Gorontalo dalam ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawaprese) Poltekkes Kemenkes Tingkat Nasional  adalah Mahasiswi atas nama Nurwigya Mohamad Putri dari Prodi D3 Farmasi Jurusan Farmasi dengan Karya Tulis yang berjudul Granul Effervescent Kombinasi Bunga Telang (Clitoria ternatea) dan Jeruk Kalamansi (Citrus microcarpa) Sebagai Alternatif Minuman Kesehatan.

Unsur-unsur yang dinilai pada seleksi tingkat Poltekkes Kemenkes Gorontalo adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan bobot 20%, Karya Tulis yang terdiri atas nilai tulisan dan presentasi dengan bobot 30%, Bahasa Inggris dengan bobot 20%, dan Lulus psikotes yang dilakukan oleh Poltekkes Kemenkes Gorontalo.

Mahasiswi yang mewakili Poltekkes Kemenkes Gorontalo atas nama Nurwigya Mohamad Putri dalam seleksi Mawapres tingkat nasional menyalurkan bakat dengan menampilkan tarian Saronde (tarian tradisional dari Gorontalo) secara virtual.

Mahasiswi yang mewakili Poltekkes Kemenkes Gorontalo tersebut pada tanggal 12 Oktober 2020 terpilih menjadi salah satu dari 10 finalis Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional. Berikut adalah 10 finalis Mahasiswa Berprestasi yang terpilih:

No Asal Poltekkes Kemenkes Nama
1 Poltekkes Kemenkes Aceh Amelia Puteri Nur Azizah
2 Poltekkes Kemenkes Bandung Annisa Retni Maharani
3 Poltekkes Kemenkes Gorontalo Nurwigya Mohamad Putri
4 Poltekkes Kemenkes Jakarta II Dhamas Pratista
5 Poltekkes Kemenkes Jakarta III Nisrina Ayustika Salasabila
6 Poltekkes Kemenkes Kendari Muhammad Aksen Sultra
7 Poltekkes Kemenkes Palangkaraya Vinna Maulina Yunianitamara
8 Poltekkes Kemenkes Pontianak Muhammad Rafhy Desdy
9 Poltekkes Kemenkes Surakarta Yoseva Putri Wina
10 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Kania Ratna Arimbi

Pada tingkat Nasional penilaian dilakukan oleh tim yang ditunjuk oleh Pusat pendidikan SDM Kesehatan BPPSDM Kesehatan. Penilaian tingkat nasional dilakukan dalam dua tahap,  yaitu penilaian awal (desk evaluation) dan penilaian akhir (presentasi dan wawancara). Unsur-unsur yang dinilai pada seleksi tingkat nasional adalah: 1).Karya Tulis meliputi 40% naskah/tulisan dan 60% presentasi. 2).Prestasi/ capaian unggulan yang dibanggakan meliputi 40% dokumen dan 60% wawancara. 3). Bahasa Inggris meliputi 40% Ringkasan dan 60% Presentasi (impromptu speech) serta Diskusi. Penetapan pemenang dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari tiga unsur di atas dan nilai tertinggi dijadikan ukuran untuk menentukan Mawapres terbaik.

Seluruh peserta yang lulus seleksi tahap awal, selanjutnya mengikuti seleksi tahap akhir yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 20-22 oktober 2020 dan tinggal menunggu pengumumannya pada tanggal 19 November mendatang. Sementara itu, seluruh peserta pemilihan Mahasiswa Berprestasi Poltekkes Kemenkes tingkat Nasional 2020 mengikuti workshop pengembangan soft skills yang dilaksanakan pada tanggal 21 oktober 2020.

Artikel yang Direkomendasikan